Categories
Pendidikan

Lembaga Intermediasi Keuangan

Lembaga Intermediasi Keuangan

Lembaga Intermediasi Keuangan

 

Pengertian Intermediasi Keuangan

Proses pembelian surplus dana dari unit ekonomi, yaitu sektor usaha, lembaga pemerintah, dan individu (rumah tangga), untuk tujuan penyediaan dana bagi unit ekonomi lain, atau kegiatan pengalihan dana dari unit ekonomi surplus ke unit ekoonomi defisit.

 

Bentuk Lembaga Intermediasi Keuangan

1.Depsitory Intermediaries
Lembaga intermediasi sebagaian besar sekuritasnya merupakan sumber dana yang terdiri dari berbagai bentuk simpanan.

2.Contractual Intermediaries
Lembaga intermediasi melakukan kontrak dengan nasabah untuk menarik tabungan serta per lindungan finansial bila ada kerugian baik jiwa/harta.

3.Investment Intermediaries
Lembaga intermediasi menawarkan surat-surat berharga yang dapat dimiliki sebagai investasi jangka panjang atau dapat segera di jual apabila insvestor membutuhkan dananya kembali.

 

Jenis-jenis Intermediasi Keuangan

1.Intermediasi Denominasi
Lembaga intermediasi menerima tabungan dalam jumlah kecil dari individu atau sumber lain yang
mengumpulkan dana tersebut untuk pemberian kredit dalam jumlah besar terutama pada sektor usaha atau lembaga pemerintahan.

2.Intermediasi resiko
Kesediaan lembaga intermediasi keuangan memberika kredit kepada peminjam yang berisiko dan pada saat yang sama menerbittkan kredit kepada peminjam yang berisiko dan pada saat yang sama menerbitkan sekuritas yang relatif aman dan likuid untuk menarik dana dari penabung.

3.Intermediasi Jatuh tempo
Lembaga intermediasi menerima dana dari penabung yang pada umunya berjangka waktu pendek, kemudian memberikan kredit kepada peminjam yang biasanya membutuhkan dana yang berjangka waktu lebih panjang.

4.Intermediasi informasi
Lembaga intermediasi menyediakan informasi kepada penbung baik yang tidak memiliki kesempatan untuk mengikuti perkembangan pasar, maupun bagi penabung yang memang tidak memiliki akses terhadap informasi yang relevan mengenai kondisi pasar dan peluang-peluang.

5.Intermediasi Lokasi
Lembaga intermediasi mempertemukan kepentingan pihak penabung dengan pihak pemakai dana.

6.Intermediasi mata uang
Lembaga intermediasi memenuhi kebutuhan mata uang penabung ynag tidak sesuai dengan kebutuhan mata uang pemakai dana.

 

 

Baca Juga Artikel Lainnya :