Categories
Kuliner

Resep Masakan – Jajanan Khas Jawa Tengah yang Enak

Table of Contents

Geblek

Pada umum nya orang jawa tengah pastinya sudah pada tahu apa itu Geblek. Geblek merupakan salah satu Jajanan di pasar Purworejo yang biasanya dijual pagi dan sore hari. Geblek terbuat dari tepung tapioka atau kanji. Sebenarnya Geblek ini hampir sama seperti cireng dari jawa barat. Hanya beda komposisi bahan yang digunakannya.
Yuk kita lihat proses pembuatannya.

Bahan-bahan

Tepung Tapioka (Tepung Kanji) – 300 gram
Kelapa (Diparut) – 1/4 buah
Bawang Putih (Tumbuk kasar) – 4 siung
Nasi – 2 sendok makan
Garam – 2 sendok the
Air mendidih – secukupnya
Minyak goreng – secukupnya
Untuk cocolan
Sambel pecel – secukupnya

Cara membuat

1. Siapkan tepung tapioka dalam wadah, tuang dengan air mendidih sedikit demi sedikit sambil diaduk sampai mencapai adonan kenyal tapi jangan sampai encer.

2. Masukan kelapa parut, nasi, bawang putih, dan garam terus diuleni sesekali ambil tepung tapioka agar adonan kalis sampai bisa dibentuk.Ambil sedikit adonan, pilin di tampan yang sudah ditaburi tepung tapioka. Satukan ujungnya menyerupai donat

3. Panaskan minyak goreng dalam wajan dengan api kecil. Goreng sebentar saja asal permukaannya agak kering.

Tips untuk resep Geblek, Ketika proses menggoreng Geblek, api yang di gunakan tidak boleh besar dikarenakan Geblek akan meletus tidak karuan.Resep masakan.

 

Arem-Arem

Selanjutnya masih dari daerah jawa tengah yaitu Arem Arem. Jajanan khas dari jawa tengah berupa nasi yang diaron dengan santan kemudian diisi lauk lalu dikukus hingga matang.
Begini Cara pembuatan nya.

Arem-Arem

Bahan-bahan

Beras – 250 gram
Santan – 250 ml
Daun salam – 2 lembar
Bawang putih – 1 siung
Margarin – 1/2 sendok makan
Garam – secukupnya
Tahu – 150 gram
Tempe – 100 gram
Dada ayam – 100 gram
Bawang putih – 4 siung
Bawang merah – 5 siung
Cabai merah ulek – 1 sendok the
Daun salam – 2 lembar
Lengkuas – 1 cm
Santan untuk mematengkan – 25 ml
Minyak goreng – 1 sendok makan
Garam – 1/2 sendok the
Saus teriyaki – 1/2 sendok the
Penyedap rasa -1/2 sendok the

Cara membuat

1. Rendam beras minimal 1 jam atau 1 malam lalu cuci bersih. Didihkan 250 ml santan, masukkan 1 bawang putih geprek, 2 lembar daun salam, 1/2 sdm margarine, garam secukup nya.

2. Masukkan beras, didihkan, setelah santan menyusut matikan api kompor lalu tutup panci. Setelah itu diamkan nasi aron kurang lebih 10 menit.

3. Rebus dada ayam, dinginkan lalu suwir-suwir. Setelah itu goreng setengah matang tahu dan tempe.

4. Tumis bawang putih rajang halus sampai kecoklatan lalu masukkan bawang merah, lalu masukkan cabai merah ulek, daun salam, lengkuas. Masukkan ayam, tahu, tempe. Masukkan santan secukupnya untuk mematangkan. Masukan garam, teriyaki, Penyedap rasa.

5. Ambil daun pisang, masukkan nasi aron tipiskan, isi dengan lauk di point 4. Bungkus daun lalu semat dengan lidi. Kukus arem-arem selama 30 menit. Arem-arem siap disajikan.

Demikanlah resep makanan khas dari jawa tengah, nantikan resep masakan khas jawa tengah selanjutnya. Semoga berguna dan bermanfaat bagi anda semua.